Kamis, 12 Februari 2009

Oseng-Oseng Daging Mercon



Apa iya sih mercon di oseng2...ini masakan terkenal banget di daerah Ngayogyakarta, saking puedessnya kebanyakan cabe dari pada dagingnya jadi bikin mulut yang mencicipi masakan ini mongah2 kaya kena letusan mercon ( petasan ). Ada aja yaa...orang jualan itu biar masakannya ngetop..dan laris, ngasih judul yang sensasional.

Karena nggak begitu doyan masakan pedas, kali ini aku bikinnya yang sumer2 aja...sekedar pengen mencoba gimana sih rasanya oseng2 mercon itu.  Mereka-reka sendiri resepnya, dari waktu pernah makan diwarung pinggir jalan di Jogja dulu...maka jadilah, dan ternyata masaknya simpel dan gak banyak macam2 bumbu lho...dan rasanya enak lagi, bikinnya juga gak ribed.

Oseng-oseng  Daging Mercon
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan :
500 gram Daging tetelan atau sandung lamur potong 3x5 cm
150 gram cabe rawit merah
(kalau gak ada cabe rawit, pakai cabe merah besar iris2)
1500 cc air putih
2 lembar daun salam
3 ruas jari lengkuas di geprek
1 sdm air asam dari 2 mata asam jawa
3 sdm minyak goreng untuk menumis
1 sdt gula pasir

Bumbu yang dihaluskan :
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
3 buah kemiri sangrai
2 buah cabe merah besar buang bijinya
1 sdt garam ( sesuai selera aja...)

Cara membuat :
1. Panaskan minyak goreng, kemudian tumis bumbu halus hingga matang...harum baunya. Tuangkan setengah bagian dari air tunggu sampai mendidih.
2. Cemplungkan daging yang sudah dipotong2, masukkan juga cabe rawit, daun salam dan lengkuas. masak dengan api kecil hingga daging empuk.
3. Tambahkan sisa air apabila sudah ada penyusutan di panci, tuangkan air asam dan beri gula pasir/gula jawa juga boleh...rasakan apakah udah cukup pedas dan gurihnya.
4. Biarkan kuahnya jangan sampe terlalu kering...enaknya nyemek2 berkuah bening dan rasanya mencemaskan...puedesss reekk... : p

1 komentar: