Kamis, 12 Februari 2009

Manisan Buah Beligo




Buah beligo ini disebut juga winter melon ( Bennincasa hispida ), mempunyai ciri khas yang unik semakin tua buahnya kulit buahnya semakin tebal diselimuti bedak, maka juga disebut dengan buah berbedak putih. Biasanya masyarakat china sering memanfaatkan buah ini menjadi manisan, dengan memberi nama manisan Tangkwee...

Dulu ketika saya masih kecil...ibu sering membuatkan kami anak2nya manisan ini, di halaman samping rumah orangtua saya memang banyak ditanami pohon2an...termasuk tanaman beligo. Buat mengenang almarhumah ibu tercinta...saya ingin membuat manisan buah beligo semanis bikinan ibu. Tentunya hanya doa anak yang sholeh yang bisa mensurgakan orangtuanya...aamiin ya robbal'alamin.

Resepnya cukup mudah dan sederhana dalam pembuatannya, ingin mencoba...silahkan, mudah2an sesuai selera.


Manisan Buah Beligo
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan :
500 gram buah beligo kupas dan potong persegi 2x2cm
250 gram gula pasir ( sesuai selera )
1/4 sdt garam
1/2 sdt asam sitrat ( Citroon Zuur/sitrun )
1000 ml/1 liter air putih
pewarna makanan yang diijinkan ( saya suka warna merah )
2 sdm air kapur sirih





Cara membuat :

1. Rendam buah beligo di dalam air dan tambahkan kapur sirih selama kurang lebih 1 jam, tiriskan dan cuci hingga bersih kemudian tiriskan kembali, sisihkan sebentar.

2. Rebus air bersama gula pasir, garam, dan asam sitrat hingga gula larut dan mendidih, kemudian masukkan potongan2 buah beligo rebus kembali, tambahkan pewarna merah secukupnya.

3. Rebus terus hingga air menyusut sepertiganya, cicipi apakah sudah sesuai manis dan asamnya. Biasanya tanda2 manisan ini sudah masak bila sudah kelihatan transparan atau bening. Matikan kompor lalu dinginkan.

4. Pindahkan diwadah toples kaca yang bening, bisa disimpan dalam kulkas dalam jangka waktu lama. Dinikmati dalam keadaan dingin sungguh sangat menyejukkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar