Rabu, 18 Februari 2009

Bolu Kukus Ketan Hitam




Ketan hitam itu memiliki warna hitam yang pekat cenderung keunguan jika sudah berupa tepung, apalagi kalau tepung ketan hutamnya asli buatan sendiri. Bila sudah diproses menjadi suatu sajian kue seperti bolu kukus atau brownies kukus ketan hitam, maka penampilan cake kukus ini menjadi makin keling dan hitam legam...kalau saya suka menyebutnya si  Bolkus Negro, Meski penampilannya hitam tapi manis legit dan menyuss-menyuss deeh...


Bolu Kukus Ketan Hitam
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan A :
4 butir telur
200 gram gula pasir
1 sdt SP ( emulsifier )
1/4 sdt garam

Bahan B :
250 gram tepung ketan hitam
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt vanili bubuk

Bahan C :
100 ml santan kelapa kental ( bisa pake kara instan )
200 ml minyak goreng kualitas baik

Bahan D :
100 gram messes kualitas baik ( bisa merk cerres atau tulip )







Cara membuat :

1. Sebelumnya, persiapkan alat pengukus, isi dengan air dan panaskan dengan api sedang jangan terlalu besar.
2. Olesi loyang ukuran 20x20x7 cm dengan margarin, alasi dengan kertas roti dan oles kembali dengan margarin bagian alasnya saja..
3. Letakkan bahan A kedalam wadah, kocok dengan mixer kecepatan tinggi hingga mengembang dan memutih.
4. Masukkan campuran bahan B sedikit demi sedikit ke dalam bahan A tetap dengan mixer gunakan kecepatan rendah hingga tercampur rata.
5. Selanjutnya tuang bahan C satu persatu dari santan kemudian minyak goreng tetap dengan menggunakan mixer kecepatan rendah hingga tercampur rata dan halus.
6. Bagi adonan menjadi dua, tuangkan setengah bagian ke dalam loyang, kukus selama 15 menit ( jangan lupa tutup panci kukusan dibungkus serbet yaa..)
7. Setelah 15 menit buka tutup panci, taburi dengan messes secara rata, kukus lagi 5 menit. Kemudian tuangkan kembali sisa setengah adonan dan kukus selama 20 menit. Dinginkan, baru potong2 sesuai selera.





# Tips :

1. Resep ini bisa juga dibuat tanpa menggunakan lapisan messes, tetapi sebaiknya mengukus adonan jangan sekaligus, dua tahap seperti cara diatas lebih bagus hasilnya. Biasanya kalau semua adonan langsung dikukus, lama matangnya dan bagian tengah suka belum matang sempurna.
2. Jangan dibuka tutup panci pengukus selama proses pengukusan berlangsung, penasarankan....pengen ngintip2. Hal ini akan mempengaruhi proses pengukusan, bisa2 gagal bolu kukusnya...nggak mateng.
3. Alasi tutup panci pengukus dengan serbet tebal bersih, untuk menghindari jatuhnya uap air ke atas bolu, mengakibatkan permukaan berlubang2 dan basah.
4. Setelah matang tunggu hingga agak dingin hilang uap panasnya, baru dikeluarkan dari loyang.
Olesi loyang hanya dibagian bawah/ dasar loyang, untuk bagian samping 4 sisinya tidak usah diolesi margarin. Tujuannya agar setelah matang bolu tidak mengalami penyusutan secara drastis, sehinnga penampilan sempurna.
5. Kukus bolu dengan api sedang saja, agar bolu tidak bergelombang permukaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar