Rabu, 11 Februari 2009

Homemade Bakso



Membuat bakso sendiri sebenarnya nggak sulit lho, setelah mencoba beberapa kali...dari yang tadinya bingung gimana caranya mbuletin, terus yang rasanya kurang pas dilidah...kok nggak kenyal and banyak tragedi selama melakukan eksperimen.

Tiada alasan untuk tidak bisa...moga-moga dengan perlakuan-perlakuan yang ini, resep bakso saya bisa menjadi menu yang lezat di rumah. Tentang kualitas rasa...insa allah bisa ditest kok. Hanya saja masih mesti banyak berlatih melemaskan tangan untuk mbuletin pentol bakso...hihiii...

Di bawah ini resep bakso andalan saya yang tanpa bahan obat-obatan pengenyal (non bahan additif/bahan tambahan pangan), dan tanpa penggunaan msg/bumbu penggurih. 


Bakso Daging Sapi
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
500 gr daging sapi segar yang sudah digiling ( bagian paha/sengkel )
10 siung bawang putih di goreng
10 butir bawang merah di goreng
1 sdt merica halus
2 sdt garam (secukupnya)
1 sdt gula pasir
1 putih telur 
75-100 gr tepung tapioka (jangan lebih dari 100 gr yaa...nanti baksonya keras)
250 gr es batu diremukkan/dihancurkan

Cara Membuat:
1. Masukkan daging giling ke dalam Food Processor (bisa pakai chopper). Tambahkan bawang merah, bawang putih, merica halus, dan sebagian es batu. Giling selama kurang lebih 5 menit hingga halus.
2. Masukkan tepung sagu, garam, gula pasir dan sisa es batu, proses atau giling kembali sekitar 10 menit hingga halus dan licin.
3. Bulatkan adonan bakso dengan menggunakan tangan, ambil dengan sendok. Ukuran bulatan bakso sesuai selera bisa besar, kecil atau sedang.
4. Masukkan bola-bola daging yang terbentuk ke dalam air panas yang belum mendidih sekali (suhu sekitar 70'C - 80'C).
5. Lalu rebus kembali, bila sudah terapung segera angkat bola2 baksonya. Tiriskan, biarkan dingin. Jangan terlalu lama merebus, nanti bola-bola bakso menjadi tidak mulus hasilnya (merekah).
6. Kemas bakso yang sudah dingin dalam kantong plastik, simpan di dalam lemari es atau freezer sebagai stok bakso dirumah.


# Tips and Triks:

1. Jika ingin bakso yang lebih kenyal dan kress2 saat dimakan, bisa ditambahkan 1/4 - 1/2 sdt soda kue atau baking powder, saya sarankan tidak lebih dari 1/2 sdt. Karena saya sudah mencoba dengan menambahkan 1 sdt soda kue/baking powder, tekstur daging bakso jadi membal (terlalu kenyal) dan gak enak banget rasanya dilidah. Saat direbus bersama kuah bakso, pentol/daging bakso jadi mengembang besar sekali dan terkadang sampai merekah. Maka sebaiknya sedikit saja penggunaannya, atau lebih baik gak pakai sama sekali, saya kapok deh pakai soda kue/baking powder. Tapi memang beda hasilnya yaa...pentol bakso tanpa bahan pengembang pasti lebih padat teksturnya, akan tetapi lebih aman dan sehat buat tubuh kita.

2. Untuk mensiasati agar pentol bakso yang tanpa bahan tambahan pengembang dan pengenyal menjadi pentol bakso yang lebih terasa kenyal dan lembut ada tips2 nya:
- Pertama kali, gunakan daging sapi giling yang sudah disimpan dulu di freezer. Keluarkan daging sapi, thawing/biarkan sebentar agar setengah beku, baru di proses dengan alat pemroses bakso.
- Kedua kali, setelah selsai proses penggilingan hingga adonan bakso benar2 halus, pindahkan adonan bakso ke dalam baskom/panci...kemudian uleni dan aduk2 dengan tangan sambil dibanting2 pelan selama kurang lebih 5-10 menit.
- Ketiga kalinya, adonan bakso yang sudah di uleni tutup dengan plastik/cling wrap dan simpan dalam kulkas selama kurang lebih 1-2 jam, agar adonan bakso beristirahat sejenak waktu membentuk serat dan pori2 juga agar adonan kembali dingin. Setelah itu baru dicetak dan direbus.


Selamat bereksperimen, semoga berhasil memuaskan... :)

2 komentar:

  1. mba kalo saya dagingnya cuma 250gr, takaran untuk putih telurnya berapa banyak? terus kalau mau buat yang bakso kotak kan harus di kukus pakai plastik cetakannya, kalau di ganti pake alumunium foil bisa nggak mba? trs bagian atas cetakannya itu di tutup juga apa ngak? saya mau coba bikin, soalnya resep mba ita cocok di lidah saya... makasih ya mba.. ^_^

    BalasHapus
  2. wah, maaf...saya baru baca, telat bangeet...
    untuk daging 250 gr, putih telurnya satu ya mbak...sama aja dg 500 gr daging.
    kalau mau buat bakso kotak, pakai loyang yg dialasi plastik dn diolesi minyak, pakai alas alu foil jg bisa...bisa banget.
    cetakannya gak perlu di tutup, biasa aja spt mengukus kue.

    BalasHapus